Tujuan, Sasaran Serta Strategi Pencapaian Sasaran Program Studi Agribisnis

Tujuan Program Studi Agribisnis Universitas Trunojoyo Madura adalah :

  1. Menghasilkan tenaga profesional di bidang agribisnis yang berwawasan luas, disiplin, beretos kerja, kreatif, inovatif dan beretika.
  2. Menjadi pusat pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi melalui kegiatan pengkajian dan penelitian yang ditujukan untuk pengembangan agribisnis.
  3. Memberdayakan ekonomi masyarakat melalui program capacity building berbasis agribisnis dan kewirausahaan.

Target Program Studi Agribisnis Universitas Trunojoyo Madura adalah:

  1. Lulusan yang mempunyai kompetensi dalam bidang agribisnis dan mempunyai jiwa wirausaha sehingga mampu bersaing di dunia kerja dengan sepesifikasi :
    1. IPK > 3,15 dan meningkat sebesar 0,01 setiap tahunnya
    2. Masa studi tepat waktu (8 semester)
    3. Mampu berkomunikasi dalam Bahasa Inggris (TOEFL 450)
    4. Menguasai aplikasi komputer dan teknologi informasi (aplikasi perkantoran, pengolah data statistik dan jejaring sosial berbasis internet)
    5. Mempunyai kemampuan dalam berwirausaha dengan dibuktikan 4 sertifikat kelulusan pelatihan kewirausahaan dan soft skills.
  2. Suasana akademik yang mendukung dalam pengembangan keilmuan yang ditandai dengan peningkatan jumlah penelitian yang didanai oleh Dikti maupun kerjasama dengan instansi lain. Diseminasi hasil penelitian juga perlu ditingkatkan sehingga setiap tahun, masing-masing dosen mempunyai publikasi ilmiah baik pada jurnal nasional terakreditasi, jurnal internasional maupun seminar internasional. Di sisi mahasiswa, diharapkan terdapat peningkatan jumlah proposal Program Kreatifitas Mahasiswa (PKM) yang berhasil didanai oleh Dikti.
    1. Dana penelitian mencapai Rp. 20.000.000,- per dosen per tahun
    2. Publikasi ilmiah sebanyak 6 tulisan pada jurnal nasional terakreditasi, 15 makalah disajikan pada seminar nasional dan 2 makalah disajikan pada seminar internasional setiap tahunnya.
    3. Terdapat 15 judul proposal PKM setiap tahun dan 50 persen diantaranya didanai oleh Dikti.

Strategi Pencapaian Sasaran Program Studi Agribisnis Universitas Trunojoyo Madura adalah :

  1. Menyelenggarakan kuliah dalam kelas kecil, maksimal 50 mahasiswa/kelas (kelas paralel).
  2. Memberikan porsi penugasan dan responsi yang lebih banyak sehingga mahasiswa dituntut untuk belajar mandiri tidak hanya mengandalkan materi pada saat proses perkuliahan.
  3. Mengevaluasi GBPP dan SAP untuk menelaah materi pembelajaran.
  4. Mensinergikan penelitian dosen sebagai payung penelitian skripsi mahasiswa.
  5. Memberikan materi persiapan TOEFL pada perkuliahan Bahasa Inggris II.
  6. Memfasilitasi mahasiswa untuk belajar mandiri di Ruang Self Access Center (SAC) Gedung Soft Skills yang dikelola oleh UPT Bahasa UTM dan di Laboratorium Komputasi.
  7. Pelatihan keterampilan teknis kewirausahaan, pelatihan kepemimpinan, melibatkan mahasiswa dalam penelitian dan pengabdian kepada masyarakat (magang) juga diharapkan mampu memberikan bekal softskills mahasiswa dan lulusan nantinya. Memperluas jejaring kerjasama dengan pihak ketiga baik pemerintah maupun swasta dalam rangka kerjasama penelitian (joint research).
  8. Pendanaan untuk mengikuti seminar bagi dosen yang menjadi pemakalah.
  9. Menyelenggarakan pelatihan penyusunan proposal PKM dengan mendatangkan tenaga ahli.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Download Premium Magento Themes Free | download premium wordpress themes free | giay nam dep | giay luoi nam | giay nam cong so | giay cao got nu | giay the thao nu