Tanamkan jiwa entrepreneur di kalangan santri

DSC_1674Agribisnis News – Kendati duduk didalam ruangan, siswi (10) Pondok Pesantren Babur Rohmah Dsn Gili Timur, Kecamatan Kamal – Bangkalan tampak antusias dan bersemangat mendengarkan berbagai trik dan tips berwirausaha. Kali ini dari Jurusan Agribisnis sebagai pemateri sekaligus mengabdi kepada masyarakat, (Selasa, 26 Juli 2016).

Acara yang dihadiri langsung oleh Kepala Jurusan Agribisnis Fakultas Pertanian UTM Bapak Slamet Widodo, SP., M.Si mendapat sambutan luar biasa dari para santri-santriwati serta pengurus pondok pesantren Babur Rohmah. Acara yang berlangsung tidak lama ini memaparkan tentang “Lembaga Pesantren sebagai Wadah Pemasaran Produk Agribisnis”.

DSC_1697Dalam pemaparannya,para narasumber tersebut sepakat jika kesuksesan bukanlah hanya sekadar keberuntungan, tapi didapatkan melalui kesungguhan dalam bekerja dan tetap istiqomah di jalan Allah SWT. ”Jangan pernah takut mempunyai cita-cita atau mimpi yang tinggi. Karena siapapun yang bersungguhsungguh pasti akan berhasil. Man jadda wajada,” seru Diyah (Sapaan #dosenbersbisnis) dan disambut para santri dengan semangat, ”Man jadda wajada.”

DSC_1685”Kendati identik dengan kesederhanaan dan terkesan jauh dari modernitas, ternyata pondok pesantren dinilai tidak hanya efektif sebagai sarana pendidikan agama tetapi juga berpotensi untuk mengembangkan jiwa entrepreneur (kewirausahaan) di kalangan para santri. Dengan kemandirian,kepercayaan dan ke-istiqomahan yang didapat selama menjadi santri di pondok pesantren diharapkan hal tersebut dapat menjadi modal untuk berwirausaha sehingga pada akhirnya dapat menjadi lokomotif perekonomian masyarakat,”papar Ratna (Dosen Jurusan Agribisnis).

Sebagian besar dari para santri mengaku tergugah setelah mendengar berbagai pemaparan yang disampaikan para pembicara tentang pengalaman dan tips mereka berwirausaha.

DSC_1651

DSC_1703

Download Premium Magento Themes Free | download premium wordpress themes free | giay nam dep | giay luoi nam | giay nam cong so | giay cao got nu | giay the thao nu