Studi Lapang Mahasiswa Agribisnis Tahun 2009

Minggu, 17 Mei 2009, udara malam di Pelabuhan Tanjung Perak terasa sejuk membawa aroma laut, di salah satu sudut jalan, berbaur dengan aktifitas bongkar muat khas pelabuhan, sekelompok mahasiswa terlihat sibuk dengan bekal masing-masing, mereka adalah mahasiswa dan dosen program studi Agribisnis Fakultas Pertanian Universitas Trunojoyo yang sedang bersiap berangkat Studi Lapang ke Yogyakarta dan Solo. Menggunakan dua bis Tiara Mas, rombongan berangkat pukul 21.30 WIB menuju Jogja.

Senin, 18 Mei 2009, pukul 04.35 WIB, rombongan sampai di Restoran Grafika di daerah Kalasan Yogyakarta, setelah melakukan ritual pagi dan sarapan, perjalanan dilanjutkan. Hari pertama kunjungan dimulai dengan Studi Banding Keorganisasian Himpunan Mahasiswa Agribisnis Universitas Trunojoyo dengan Himpunan Mahasiswa Sosial Ekonomi Pertanian Universitas Gajah Mada Yogyakarta, diisi sharing dengan ketua jurusan masing-masing dan antar mahasiswa serta kujungan ke berbagai fasilitas kampus UGM.

Kunjungan kedua ke PT Natural Nusantara (NASA) yang berkomitmen di bidang teknologi agrokompleks dan kesehatan yang mengacu pada kualitas, kuantitas dan kelestarian. Kunjungan ketiga, rombongan menuju Pusat Pembuatan oleh-oleh khas Jogja Bakpia Patok ’25’ yang terletak di pusat kota, belanja sekaligus belajar kewirausahaan bisa dilakukan disini. Hari pertama di tutup dengan jalan-jalan di ikon kota Jogja, Malioboro n have a nice sleep di Wisma Martha, Kota Gede.

Di pagi hari kedua, kunjungan berlanjut ke Kampung Lele yang berada di Desa Tegalrejo Kecamatan Sawit Kabupaten Boyolali, lumayan, olahraga jalan pagi dengan pemandangan sawah hijau dan kolam lele di kanan kiri bisa menyegarkan mata dan badan yang mulai penat. Berbagai hasil olahan ikan lele menjadi andalan daerah ini, selain tentunya ikan lele segar yang dikirim ke beberapa daerah di Jawa Tengah dan Jawa Barat.

Lokasi kunjungan selanjutnya adalah Lembah Hijau Multifarm, sebuah perusahaan multi farming di daerah Solo yang menawarkan pengetahuan kompleks mengenai pupuk, pembibitan, budidaya, pengolahan hasil sampai pemasaran produk. Dari Lembah Hijau, rombongan menuju Pasar Grosir Solo, sebuah pusat kerajinan batik dan kerajinan khas Solo. Sebuah perjalanan yang banyak memberikan pengetahuan dan manfaat, berakhir disini, rombongan bertolak kembali ke Bangkalan, dengan membawa berbagai kesan dan cerita, jadi, se-Yogya-nya Bali wae neng Jogja. (u’us)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Download Premium Magento Themes Free | download premium wordpress themes free | giay nam dep | giay luoi nam | giay nam cong so | giay cao got nu | giay the thao nu