STUDI LAPANG MAHASISWA AGRIBISNIS 2017

STULA (Studi Lapang) merupakan kunjungan industri yang menjadi program tahunan mahasiwa Agribisnis semester lima.. Stula pada tahun 2017 ini diadakan pada tanggal 2-4 Oktober 2017 dengan tempat kunjungan : PT Djarum Kudus, PT Sidomuncul Semarang, Coklat Monggo Yogyakarta dan Kelompok Tani Si Cantik di Sleman. Sambil menyelam minum air disela-sela kunjungan industri kami juga melakukan wisata tipis-tipis diantaranya ke Lawang Sewu dan Candi Borobudur yang bertujuan agar mahasiswa tidak jenuh dan juga untuk menjaga kekeluargaan yang terjalin dalam satu angkatan agar lebih harmoni dan hangat kembali . Mahasiswa berangkat dari kampus pada pukul 20.00 wib tepat tanggal 1 oktober 2017.

Kunjungan pertama adalah PT Djarum, disana kami disambut dengan hangat. PT Djarum merupakan perusahaan terbesar ketiga di Indonesia setelah HM Sampoerna dan PT Gudang Garam, disana mahasiswa mendapatkan banyak penjelasan mengenai perusahaan, dari sejarah berdirinya, proses produksi hingga pemasarannya. Produk PT Djarum sudah tidak asing lagi di pasar rokok Nasional bahkan telah mencapai ekspor. PT Djarum termasuk perusahaan yang tidak mementingkan keuntungan yang besar karena prinsip dari mereka yaitu laba akan didapatkan selagi pelanggan masih tetap loyal terhadap produk yang di produksi di perusahaan ini dan juga dapat terlihat bahwa disana untuk pengolahan limbah berkelanjutan karena sebelum limbah cair di alirkan atau dibuang akan dilakukan pengolahan hingga limbah tersebut tidak terdapat zat yang berbahaya. PT Djarum mempunyai program yaitu Djarum Foundation yang didalamnya terdapat beasiswa djarum, keolahragaan, Lingkungan dan Sosial budaya. Tepat pukul 15.00 WIB kami mengakhiri kunjungan di PT. Djarum dan melanjutkan perjalanan ke tempat wisata Lawang Sewu.

Hari kedua tanggal 3 Oktober Kunjungan kedua ke PT Sidomuncul. PT Sidomuncul merupakan perusahaan yang memproduksi dan memperjualkan produknya dalam bidang farmasi yaitu jamu tradisional. Sidomuncul mempunyai prinsip yang ramah lingkungan. Sekitar perusahaan terdapat banyak macam tanaman dan juga terdapat Agrowisata di dalam lingkungan perusahaannya. Sidomuncul juga mempunyai Institusi Pengolahan Air Limbah agar limbah mampu dimanfaatkan kembali. Selesai kunjungan di Sidomuncul, kami melanjutkan perjalanan ke Si Cantik (Salak Indonesia Cekatan Antusias Nalar Tanggap Inovatif dan Kreatif) merupakan kelompok tani yang berada di Sleman Yogyakarta, kelompok tani Si Cantik sudah mampu melakukan ekspor salak ke China, New Zealand dan Kamboja dan akan menembus ke Jerman dengan bantuan asosiasi asosiasi usahatani salak di Indonesia. Perjalanan selanjutnya menunu hotel, sebelum ke hotel rombongan menyempatkan jalan jalan ke Malioboro. Setelah kaki kaki para rombongan sudah mencapai titik lelah untuk berbelanja, selanjutnya kami menuju ke hotel untuk istirahat.

Kunjungan hari ke 3 yaitu ke Coklat Monggo, Coklat Monggo merupakan pabrik yang memproduksi coklat dimana coklat diambil dari bahan baku kakao yang sudah berkualitas. Bahan baku kakao di ambil dari daerah Jember, Sulawesi dan Sumatra. Ketiga daerah tersebut merupakan penghasil kakao terbaik. Pabrik coklat memberikan informasi kepada rombongan tentang bagaimana proses pembuatan coklat. Ber jam-jam menunggu giliran untuk masuk ke ruangan dengan tujuan melihat proses pembuatan coklat. Setelah menunggu berjam-jam dan akhirnya selesai, setelah itu rombongan melanjutkan perjalanan lagi ke tujuan selanjutnya. Candi borobudur adalah tempat wisata terakhir yang dikunjungi, disana sesi foto foto dimulai.Teman-teman tampak ceria dan senang berfoto-foto dan melukis kenangan manis disana karena ini merupakan salah satu kesempatan emas yang berada dibangku perkuliahan khususnya satu angkatan Mahasiswa Agribisnis 2015.  Hari beranjak petang, stula pun berakhir disini. Tepat pukul 19.00 rombongan pulang ke Madura. Stula Agribisnis 2015 menyisakan banyak pembelajaran yang sangat berharga, kekeluargaan terjalin dengan begitu harmonis. Mahasiswa Agribisnis 2015 tidak akan melupakan pengalaman yang sangat berkesan ini. Selalu semangat Mahasiswa Agribisnis.

Download Premium Magento Themes Free | download premium wordpress themes free | giay nam dep | giay luoi nam | giay nam cong so | giay cao got nu | giay the thao nu