STUDI LAPANG MAHASISWA AGRIBISNIS 2015

2-5 November 2015, Mahasiswa dan Mahasiswa Program Studi Agribisnis kembali melaksanakan Studi Lapang (STULA) 2013, yang dilaksanakan di Pasuruan dan Pulau Bali. Acara yang dilaksanakan selama 4 hari 3 malam ini berangkat dari kampus Universitas Trunojoyo Madura jam 06.00 WIB, kurang lebih 90 mahasiswa, dosen dan karyawan Program Studi Agribisnis diberangkatkanDSC_0441 menggunakan 2 armada bus. Selama sekitar 2 jam perjalanan dari Kota Surabaya (± 60km) tiba di Pusat Pelatihan Kewirausahaan (PPK) Sampoerna Pasuruan (11.00 WIB). Lahan seluas 27 Ha dengan berbagai fasilitas yang dapat mendukung kegiatan pengembangan kewirausahaan.

Aula sederhana tempat berkumpulnya mahasiswa untuk mendapatkan materi tentang PPK Sampoerna. Materi selesai dilanjutkan ke lapang untuk melihat berbagai macam produk yang ada di PPK Sampoerna, Ternak Sapi, Kambing, Budidaya Ikan, pembuatan kompos dari kotoran hewan dan produk kuliner. Luas areal lahan 27 Ha pastinya menguras tenaga, pukul 13.00 WIB acara selesai kemudian penyerahan Vandel kepada pihak PPK Sampoerna oleh Bapak Slamet Widodo M.Si sebagai Kepala Program Studi Agribisnis ditutup foto bersama dengan pihak PPK Sampoerna.

DSC_0021Setelah mendapatkan banyak pengetahuan dan wawasan di PPK Sampoerna, mahasiswa langsung kembali ke armada bus untuk melanjutkan perjalanan menuju pelabuhan Gili Manuk-Ketapang. Hari kedua adalah mengunjungi Cening Ayu yang merupakan pusat produksi Pie Susu dan Kaos Lukis. 1 jamDSC_0017 dari hotel untuk menuju lokasi cening ayu tepat di Kec. Sukawati Kabupaten Gianyar-Bali. Para mahasiswa mendapatkan informasi tentang proses pembuatan Pie Susu. Proses yang tidak begitu rumit, namun bisa menghasilkan keuntungan yang besar. Disini mahasiswa berdiskusi mengenai analisis kelayakan financial dan perizinan usaha atau legalitas usaha.

DSC_0104Hari ke tiga setelah sarapan mahasiswa dengan dosen dan karyawan menuju ke tempat KUAT SUBAK GUAMA (08.00 WITA). Kata KUAT sendiri memiliki arti Koperasi Usaha Agribisnis Terpadu. Tepat di Kabupaten Tabanan Pulau Bali. Para mahasiswa mendapatkan materi tentang Koperasi, Agribisnis, dan Irigasi untuk lahan pertanian. Kurang lebih 2 jamDSC_0042 materi disampaikan oleh Bapak Marwan tentang pengelolaan Koperasi Agribisnis. Materi selesai mahasiswa diajak melihat koperasi Subak Guama, berbagai macam Alat pertanian, Sarana Produksi pertanian dan Hasil Produk Pertanian di tunjukkan oleh Bapak Marwan. “ Bagaimana bapak bisa mengelola ini semua dengan jumlah tenaga kerja yang sedikit?” Tanya salah satu mahasiswa. “ Pembagian tugas pada tiap tenaga kerja serta tranparansi menjadikan koperasi ini masih berdiri dan maju” Jawab bapak Marwan.

Tempat kunjungan sudah selesai kembali ke Pulau Madura.

Download Premium Magento Themes Free | download premium wordpress themes free | giay nam dep | giay luoi nam | giay nam cong so | giay cao got nu | giay the thao nu