IDENTIFIKASI POTENSI LOKASI TANAMAN TACCA (TACCA LEONTOPETALOIDES (L.) O’ KUNTZE) SEBAGAI PANGAN LOKAL ALTERNATIF SUMBER KARBOHIDRAT UNTUK MENDUKUNG DIVERSIFIKASI PANGAN DI KABUPATEN BANGKALAN.

IDENTIFIKASI POTENSI LOKASI TANAMAN TACCA (TACCA LEONTOPETALOIDES (L.) O’ KUNTZE) SEBAGAI PANGAN LOKAL ALTERNATIF SUMBER KARBOHIDRAT UNTUK MENDUKUNG DIVERSIFIKASI PANGAN
DI KABUPATEN BANGKALAN

Eko Setiawan 1, Setiani 2
Program Studi Agroekoteknologi, Fakultas Pertanian Universitas Trunojoyo Madura 1
Program Studi Agribisnis, Fakultas Pertanian Universitas Trunojoyo Madura 2

ABSTRAK

Rencana strategis Kementerian Pertanian Republik Indonesia 2015-2019 memuat visi terwujudnya sistem pertanian –  bioindustri berkelanjutan yang menghasilkan beragam pangan sehat dan produk bernilai tambah tinggi berbasis sumberdaya lokal untuk kedaulatan pangan dan kesejahteraan petani. Salah satu dari penjabaran visi tersebut, terdapat sasaran strategis berupa peningkatan diversifikasi pangan. Diversifikasi pangan sebagai upaya yang sangat erat kaitannya dengan peningkatan kualitas sumber daya manusia, pembangunan pertanian di bidang pangan dan perbaikan gizi masyarakat. Hanani (2008) menyebutkan bahwa dalam diversifikasi pangan tercakup aspek produksi, konsumsi, pemasaran, dan distribusi. Aspek produksi dalam diversifikasi berarti perluasan spektrum komoditas pangan, baik dalam hal perluasan pemanfaatan sumber daya, pengusahaan komoditas maupun pengembangan produksi komoditas pangan. Aspek konsumsi dalam diversifikasi pangan mencakup aspek perilaku yang disadari baik oleh pertimbangan ekonomi seperti pendapatan dan harga komoditas, maupun non ekonomis seperti pendapatan dan harga komoditas, maupun non ekonomis seperti kebiasaan, selera dan pengetahuan.

Donwload pdf lengkap