PENGGUNAAN PUPUK UREA OLEH RUMAH TANGGA PETANI DALAM PRODUKSI JAGUNG DI LAHAN KERING (STUDI KASUS DI DESA CURAH TATAL KECAMATAN ARJASA KABUPATEN SITUBONDO)

PENGGUNAAN PUPUK UREA OLEH RUMAH TANGGA PETANI DALAM PRODUKSI JAGUNG DI LAHAN KERING (STUDI KASUS DI DESA CURAH TATAL KECAMATAN ARJASA KABUPATEN SITUBONDO)

Setiani
Program Studi Agribisnis, Fakultas Pertanian Universitas Trunojoyo Madura

ABSTRAK

Jagung merupakan komoditas penting kedua setelah padi bagi bangsa Indonesia. Dalam produksi, faktor penggunaan pupuk (terutama urea) merupakan faktor yang penting, karena akan berpengaruh pada produktivitas tanaman, termasuk pada tanaman jagung. Rumah tangga petani dengan keterbatasan anggaran rumahtangga yang tersedia, selain harus membiayai produksi tanaman juga harus membiayai biaya rumah tangga yang lain. Penelitian ini bertujuan mengetahui model penggunaan pupuk urea dalam produksi jagung oleh rumahtangga petani di lahan kering. Penelitian dilakukan di desa Desa Curah Tatal, Kecamatan Arjasa, Kabupaten Situbondo yang merupakan daerah dengan agroekosistem lahan kering. Penelitian ini dianalisis dengan menggunakan syslin 2 sls dimana terdapat 2 persamaan yaitu persamaan penggunaan pupuk urea dan produksi jagung. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan pupuk urea dalam produksi jagung oleh rumahtangga petani di daerah penelitian dipengaruhi secara nyata oleh variabel luas area jagung dan biaya pendidikan. Rata-rata penggunaan pupuk urea untuk produksi jagung oleh rumahtangga sebesar 315 kg/ha. Luas area jagung memiliki pengaruh yang positif, sedangkan biaya pendidikan memiliki pengaruh yang negatif. Selanjutnya, penggunaan pupuk urea mempunyai pengaruh yang positif dan nyata dalam produksi jagung. Produksi jagung oleh rumah tangga juga dipengaruhi secara nyata oleh variabel tenaga kerja yang dicurahkan oleh rumah tangga untuk produksi jagung.

Kata kunci : pupuk urea, produksi jagung, rumahtangga petani, lahan kering

Hasil gambar untuk download

Download Premium Magento Themes Free | download premium wordpress themes free | giay nam dep | giay luoi nam | giay nam cong so | giay cao got nu | giay the thao nu