POTENSI DAN KONSENTRASI SEBARAN USAHA KECIL DAN MENENGAH DI KABUPATEN BANGKALAN1

         Sudah jamak dipahami bahwa keberadaan UKM dalam menggerakkan perekonomian daerah tidak dapat disepelekan. Meski demikian masih banyak UKM di daerah kabupaten/kota yang belum digarap dengan serius. Pengembangan usaha ini masih sebatas sambilan untuk menopang penghidupan utama penduduk. Sementara itu pemasaran produk UKM masih sebatas di daerah yang bersangkutan dan belum ditujukan untuk pasar luar atau jika ada pun itu dalam jumlah yang masih sangat kecil.

           Salah satu keunggulan dari UKM ini adalah dapat berjalan meskipun tidak didukung dengan modal besar. Hal ini sesuai dengan Undang-Undang Nomor 9 Tahun 1995 yang menggungkapkan bahwa usaha kecil memiliki adalah kegiatan perekonomian kerakyatan yang memilikihasil penjualan tahunan maksimal Rp 1 milyar dan memiliki kekayaan bersih, tidak termasuk tanah dan bangunan tempat usaha, paling banyak Rp 200 juta. (Kuncoro, 2008).

           Meski skalanya kecil namun ternyata usaha ini lebih mampu bertahan disaat menghadapi krisis (Abimanyu. 2008). Hal ini disebabkan pembiayaan yang kecil, penggunaan bahan baku yang berlimpah dan masih memanfaatkan tenaga kerja rumah tangga sebagai penggeraknya. Namun demikian bukan berarti sektor ini tidak tersentuh imbas dari krisis sama sekali. Untuk bisa selamat dari krisis dan mampu bersaing dengan usaha besar maka usaha ini masih memerlukan dukungan dari pemerintah daerah setempat berupa kebijakan-kebijakan dan kemudahan akses modal serta dukungan dalam pemasaran dan promosi.

          Kabupaten Bangkalan memiliki cukup banyak UKM yang didominasi oleh industri pengolahan pangan, sandang, industri logam, dan kerajinan umum. Usaha kecil dan menengah di Kabupaten Bangkalan meskipun penyerapan tenaga kerja besar, namun dalam sisi kontribusi untuk daerah masih kecil. Untuk itu UKM masih perlu lebih diperhatikan terutama dalam segi pengembangan usaha.

              Dalam upaya pengembangan UKM ini perlu dilakukan suatu pengkajian yang mampu menjawab tantangan yang ada. Salah satu bentuk pengkajian yang dapat dilakukan adalah terkait dengan potensi dan konsentrasi sebaran UKM yang ada di wilayah-wilayah Kabupaten Bangkalan. Hasil kajian ini diharapkan dapat membantu dalam upaya menerapkan kebijakan konstruktif pemerintah terhadap UKM.

Download full text

Potensi dan Konsentrasi Sebaran Usaha Kecil dan Menengah di Kabupaten Bangkalan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Download Premium Magento Themes Free | download premium wordpress themes free | giay nam dep | giay luoi nam | giay nam cong so | giay cao got nu | giay the thao nu