Pembuatan Lubang BIOPORI dan Rumah Pangan Lestari

       Minggu, 26 April 2015 Kegiatan Pembuatan Lubang BIOPORI dan Penanaman Rumah Pangan Lestari merupakan acara puncak pada kegiatan Konservasi Sumberdaya Air Melalui BIOPORI. Kegiatan ini di Desa Bandang Daja Kec. Tanjung Bumi Kab. Bangkalan-Madura, proses kegiatan dibantu oleh TNI KODIM 0829 Bangkalan, Dosen dan Mahasiswa Program Studi Agribisnis Fakultas Pertanian Universitas Trunojoyo Madura sekaligus CSR PERTAMINA PHE WMO.

          Kegiatan Pembuatan Lubang BIOPORI dimulai pada jam 08.00 wib, kegiatan ini bertujuan untuk :

Manfaat yang bisa didapat antara lain :

  1. Mencegah banjir
  1. Tempat pembuangan sampah organik
  1. Menyuburkan tanaman
  1. Meningkatkan kualitas air tanah

         Kegiatan kedua adalah Penanaman Rumah Pangan Lestari oleh para ibu rumah tangga Desa Bandang Daja yang didampingi oleh Dosen dan Mahasiswa dari Program Studi Agribisnis Fakultas Pertanian Universitas Trunojoyo Madura. Kegiatan ini dilakukan bertujuan untuk  :

  1. Memenuhi kebutuhan pangan dan gizi keluarga melalui optimalisasi pemanfaatan pekarangan secara lestari.
  2. Meningkatkan kemampuan keluarga & masyarakat dalam pemanfaatan lahan pekarangan untuk budidaya tanaman pangan, buah, sayuran, tanaman obat, ternak, ikan, pengolahan hasil dan kompos.
  3. Mengembangkan sumber benih / bibit untuk menjaga keberlanjutan pemanfaatan pekarangan.
  4. Melestarikan tanaman pangan lokal untuk masa depan.
  5. Mengembangkan ekonomi produktif keluarga, hingga mampu meningkatkan kesejahteraan dan menciptakan lingkungan hijau, bersih dan sehat secara mandiri.

??????????

 

 

 

 

 

 

 

 

 

??????????

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Download Premium Magento Themes Free | download premium wordpress themes free | giay nam dep | giay luoi nam | giay nam cong so | giay cao got nu | giay the thao nu