LOMBA ESSAY HIMAGRI SE-UNIVERSITAS TRUNOJOYO MADURA 2017

Essay adalah suatu jenis karangan mengenai penjabaran pendapat penulis terhadap suatu masalah. Lomba essay sering kali digunakan sebagai suatu ajang untuk mendapatkan pemikiran-pemikiran dari penulis untuk menangani atau mengatasi suatu masalah. Selain itu, lomba essay juga sering kali diadakan untuk menggali potensi yang dimiliki oleh siapa pun yang terkait dalam bidang karya tulis.

            Lomba essay HIMAGRI Se-Universitas Trunojoyo Madura (UTM) 2017 telah dilaksanakan yang dipelopori oleh Divisi Penelitian dan Keilmuan (Divisi LitKel). Adapun tema yang diangkat dalam Lomba essay tahun ini adalah “Ide Kreatif dan Inovatif Menuju Indonesia Gemilang”. Dan untuk subtemanya adalah :

  1. Implementasi teknologi dalam pertanian Indonesia
  2. Inovasi teknologi berbasis ekonomi
  3. Solusi tepat mengatasi pemerataan pendidikan di Indonesia
  4. Inovasi dan kreasi dalam pengembangan ekonomi syariah di Indonesia
  5. Peran SDM dalam Pemanfaatan sumber daya alam
  6. Budaya dan kearifan lokal untuk menunjang kemajuan Indonesia

Waktu pendaftaran dan pengumpulan karya yang dilakukan melalui pengiriman lewat e-mail dimulai pada tanggal 17-30 April 2017 dengan biaya pendaftaran sebesar Rp 15.000,00. Adapun jumlah peserta yang mendaftar yaitu sebanyak 32 orang, namun yang mengirimkan karyanya hanya sebanyak 28 orang saja. Karya yang telah dikirimkan oleh peserta selanjutnya diseleksi oleh juri untuk mendapatkan 10 besar finalis yang akan mempresentasikan karya mereka. Adapun waktu penjurian dimulai pada tanggal 1-7 Mei 2017, yang dilanjutkan dengan pengumuman 10 besar finalis pada tanggal 9 Mei 2017. Untuk acara puncaknya yaitu presentasi 10 besar dilaksanakan pada tanggal 14 Mei 2017 di Gedung RKB B 101.

Acara presentasi 10 besar finalis dihadiri oleh Gubernur BEM Fakultas Pertanian Andhika Yuli Heryanto yang sekaligus membuka acara. Selain itu, acara presentasi juga dihadiri oleh Ketua Umum HIMAGRI periode 2017 yaitu Faisol Abrori. Adapun yang menjadi dewan juri dalam Lomba Essay HIMAGRI Se-UTM 2017 adalah 1) Andrie Kisroh Sunyigono, SP., MP., Ph.D (dosen agribisnis); 2) Setiani, SP., MP. (dosen agribisnis); dan 3) Uswatun Hasanah, SE., M. Sc. Acara presentasi 10 besar finalis dimulai dengan pembukaan, kata sambutan dan acara inti yaitu presentasi 10 besar finalis. Namun tidak semua peserta yang lolos seleksi ikut presentasi karena ada satu peserta didiskualifikasi karena karya yang dikirimkan sudah pernah diadukan dalam lomba essay.

Adapun pemenang dalam Lomba Essay HIMAGRI Se-UTM 2017 adalah Khalimatus Sa’diyah dari jurusan Teknologi Industri Pertanian dengan judul essay “Kerupuk Rumput Laut: Inovasi Healthy Snack dan Jajanan Bernilai Ekonomi Tinggi” sebagai juara 1; Syafitri Manurung dari jurusan Agribisnis dengan judul essay “Pemberdayaan Masyarakat Melalui Konsep City Branding ‘Lebur Madura’ dalam Upaya Meningkatkan Pertumbuhan Perekonomian Daerah” sebagai juara 2; dan Luluk Nafisah dari jurusan Agribisnis dengan judul essay “Pemanfaatan Limbah Kotoran Sapi Perah dengan Konsep Zero Waste dalam Upaya Pengembangan Peternakan Berkelanjutan Melalui Koperasi” sebagai juara 3. Untuk penyerahan hadiah diserahkan langsung oleh Ketua Jurusan Agribisnis Ibu Dr. Teti Sugiarti, SP., M.Si., yang dilaksanakan pada tanggal 17 Mei 2017 yang bertetapan dengan Seminar Nasional Pertanian yang dilaksanakan oleh Jurusan Agribisnis.

Download Premium Magento Themes Free | download premium wordpress themes free | giay nam dep | giay luoi nam | giay nam cong so | giay cao got nu | giay the thao nu