KULIAH TAMU (KEKAYAAN KEARIFAN LOKAL MASYARAKAT)

Kearifan lokal merupakan kekayaan budaya lokal yang mengandung 4 makna; Kebijakan Hidup, Way of Life (Pandangan Hidup), Wisdom (Akomodasi Kebijakan) dan Kearifan Hidup. Indonesia yang sudah kiita kenal sebagai Nusantara, Kearifan lokal tidak hanya berlaku pada budaya atau etnis  tertentu, akan tetapi sampai  linntas budaya atau lintas etnis sehingga membentuk nilai budaya yang membentuk nilai budaya bersifat nasional.

Kekayaan budaya merupakan kekayaan intelektual dan kultural sebagai bagian dari warisan budaya yang perlu dilestarikan. Seiring dengan peningkatan teknologi dan transformasi budaya ke arah kehidupan modern serta pengaruh globalisasi, warisan budaya dan nilai-nilai tradisional masyarakat adat tersebut menghadapi tantangan terhadap eksistensinya. Perlu dicermati karena warisan budaya dan nilai-nilai tradisional tersebut mengandung banyak kearifan lokal yang masih sangat relevan dengan kondisi saat ini, dan seharusnya dilestarikan, diadaptasi atau bahkan dikembangkan lebih jauh.

Pengembangan kearifan lokal masyarakat perlu ditanamkan pada jiwa pemuda, sebagai contoh Program Studi Agribisnis, Fakultas Pertanian, Universitas Trunojoyo Madura mengadakan Kuliah Tamu dengan tema “Kekayaan Kearifan Lokal Masyarakat”, oleh Bapak Ihsannudin, SP., MP. selaku dosen pengampuh. Kuliah tamu ini menghadirkan pembicara Mantan Peneliti Puslitbang Kementerian Agraria dan Tata Ruang/ BPN, dan sekarang menjadi Staff Pengajar Sekolah Tinggi Pertanahan Nasional Yogyakarta; Kolumnis dan Blogger “Sukmo Pinuji, ST, M.Sc.”

Rabu, 13 April 2016 acara ini dilaksanakan, di Ruang Kuliah Bersama B (RKB B) kampus Universitas Trunojoyo Madura. Peserta dalam acara ini adalah ini mahasiswa yang menempuh mata kuliah Pengembangan Masyarakat dan Ilmu Kependudukan. Dalam sambutannya bapak Ihsannudin menyampaikan bahwa ” Pentingnya Kearifan lokal sebagai wujud kepedulian kita akan warisan budaya dan perlu dilestarikan di era globalisasi”.

Kuliah Tamu pengemas

Download Premium Magento Themes Free | download premium wordpress themes free | giay nam dep | giay luoi nam | giay nam cong so | giay cao got nu | giay the thao nu