KELAYAKAN USAHA INDUSTRI BAKSO IKAN DALAM UPAYA MEMBERDAYAKAN EKONOMI MASYARAKAT PULAU KECIL*

Sebagaimana diketahui bahwasannya negara Indonesia merupakan negara kepulauan (archipelago state) yang berarti negara dengan gugusan pulau baik besar maupun kecil. Tercatat sampai dengan saat ini jumlah pulau di Indonesia seluruhnya adalah 17.504 pulau, dimana sebanyak 7.870 pulau telah bernama sedangkan lebih dari 9 ribu pulau belum bernama (Departemen Kelautan dan Perikanan, 2006).

Keberadaan negara kepulauan ini sebenarnya memberikan potensi yang luar biasa dalam upaya mensejahterakan rakyatnya. Namun pada kenyataannya gugusan pulau-pulau ini masih banyak menghadapi kendala terutama untuk pulau-pulau kecil. Selama ini dalam pengembangan pulau-pulau kecil seringkali dihadapkan pada 7 tantangan yaitu (Manafi, 2010) dan Ihsannudin (2010): (1) keterpencilan; (2) rentan bencana; (3) keterbatasan kelembagaan; (4) keterbatasan diversifikasi produk olahan; (5) rentan terhadap guncangan ekonomi dan lingkungan eksternal; (6) keterbatasan akses terhadap modal eksternal dan (7) kemiskinan.

Hal yang sama juga terjadi di wilayah Madura yang memiliki 70 gugusan pulau-pulau kecil, dimana salah satunya adalah Pulau Mandangin yang ada di kabupaten Sampang. Pulau Mandangin ini memiliki luas sebesar 1,650 km2. Akses transportasi ke Pulau Mandangin adalah dengan menggunakan transportasi air dalam hal ini adalah perahu motor yang berada di Pelabuhan Tanglok. Ironisnya pulau dengan jumlah penduduk 18.423 jiwa dengan jumlah rumah tangga sebanyak 2739 menurut pendataan program perlindungan sosial 2009 tercatat memiliki 1070 rumah tangga sangat miskin, 1461 rumah tangga miskin dan 208 rumah tangga hampir miskin.

Mayoritas penduduk Desa Pulau Mandangin berprofesi sebagai nelayan (90%), dimana hasil tangkapan langsung dijual di tengah laut ataupun bakul di Sampang. Padahal kegiatan penangkapan ikan di laut sangat tergantung pada musim, pada saat musim bagus maka akan berlimpah ikan (peak season) dan pada saat musim paceklik maka praktis kegiatan melaut berkurang. Sehingga dengan demikian perlu adanya sentuhan teknologi yang terkait dengan pengolahan perikanan untuk meningkatkan nilai tambahnya salah satunya dengan industri bakso ikan.

Pdf (KELAYAKAN USAHA INDUSTRI BAKSO IKAN DALAM UPAYA MEMBERDAYAKAN EKONOMI MASYARAKAT  PULAU KECIL*)

Download Premium Magento Themes Free | download premium wordpress themes free | giay nam dep | giay luoi nam | giay nam cong so | giay cao got nu | giay the thao nu