Bersama Bupati Banyuwangi dan Direktur CV. Kajeye Food dalam Seminar Nasional III Agribisnis Universitas Trunojoyo Madura

Bangkalan – Pengembangan sektor pertanian bukan lagi sekedar meningkatkan produktivitasDSC_1079 pertanian. Namun memberi nilai tambah pada  sektor pertanian serta memasarkan produknya menjadi hal yang penting pula. Hal itu dikemukakan Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas saat menjadi pembicara kunci dalam seminar nasional Agribisnis dan Pengembangan Ekonomi Pedesaan III di Prodi Agribisnis Fakultas Pertanian Universitas Trunojoyo Madura, Rabu (18/5).

DSC_1088Anas mengatakan sektor pertanian di Banyuwangi telah menyumbangkan 36 dari total produk domestik regional bruto Banyuwangi. Hal itu dilakukan dengan upaya peningkatan produktivitas, mulai dari padi, kedelai, dan cabai. “Contohnya di kawasan utara Wongsorejo yang terkenal tandus, kita bantu mereka dengan sumur bor di lahan persawahannya, hingga panen cabainya bisa meningkat 2 kali,” ujar Anas.

Sektor Pertanian sangat luas, melihat peluang yang begitu besar menunjukkan bahwa  pertanian mempunyai kekuatan di negara ini. Di perdesaan sumber daya manusia sangat banyak, sumber daya alam tersedia dan sangat murah serta lokasi usaha yang luas. ” Pengembangan kawasan perdesaan sangalah mungkin, jika saya di lokasi usaha bisa di Madura pasti bisa juga,” Ujar Direktur CV Kajeye Food.

DSC_1052Sementara itu Rektor Universitas Trunojoyo Dr. Muhammad Syarif mengatakan diundangnya Bupati Banyuwangi ini lantaran sejumlah kebijakan agribisnis yang dikembangkan Banyuwangi. Mulai bagaimana pengelolaan sektor pertanian dari hulu hingga ke hilir. “Kita sengaja mengundang Banyuwangi karena untuk menjelaskan bagaimana sektor pertanian ini dikembangkan di Banyuwangi. Saya tadi lihat juga bagaimana landscape pertanian bisa dikembangkan menjadi sebuah komoditas pariwisata. Bule-bule mencoba membajak sawah. Ini penting untuk meningkatkan nilai tambah sektor pertanian di Indonesia,” kata Syarif.

Download Premium Magento Themes Free | download premium wordpress themes free | giay nam dep | giay luoi nam | giay nam cong so | giay cao got nu | giay the thao nu