BAURAN PEMASARAN PRODUK KEWIRAUSAHAAN RUMAH KEMAS AGRIBISNIS DALAM MENDUKUNG PENGUATAN PANGAN PRODUK MADURA MENGHADAPI MASYARAKAT EKONOMI ASEAN

BAURAN PEMASARAN PRODUK KEWIRAUSAHAAN RUMAH KEMAS AGRIBISNIS DALAM MENDUKUNG PENGUATAN PANGAN PRODUK MADURA MENGHADAPI MASYARAKAT EKONOMI ASEAN

Dwi Ratna Hidayati
Program Studi Agribisnis Fakultas Pertanian Universitas Trunodjoyo Madura
dwi.hidayati@trunojoyo.ac.id

ABSTRAK:

Peluang sekaligus ancaman muncul seiring berlakunya Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) pada akhir tahun 2015 dimana kemampuan bersaing dengan negara lain tergantung pada seberapa besar kemampuan negara Indonesia mengeksplorasi potensi produk berbasis bahan baku lokal. Salah satu daerah yang memiliki potensi produk lokal adalah Madura. Pulau Madura terkenal dengan makanan khas diantaranya rengginang, lorjuk, kacang otok, kacang lorjuk dan keripik tette. Kewirausahaan menjadi alternative dalam menghidupkan produk lokal menghadapi MEA.. Rumah Kemas Agribisnis merupakan pioneer kegiatan program studi Agribisnis Fakultas Pertanian Universitas Trunojoyo Madura dalam rangka peran penguatan pangan produk Madura yang dimulai pada bulan Mei Tahun 2015. Namun demikian, dalam perkembangannya Rumah Kemas Agribisnis ini menghadapi berbagai permasalan terkait pemasaran, baik dilihat dari sisi harga, produk, promosi, lokasi pemasaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bauran pemasaran (marketing mix) pada Rumah Kemas Agribisnis. Riset dilakukan melalui uji pasar sebanyak empat kali pada kegiatan pameran. Hasil menunjukkan bahwa 1) harga berperan dalam penjualan produk meskipun juga dipengaruhi oleh factor-faktor lain diluar harga, dan diperlukan strategi penekanan harga baik melalui bahan baku maupun biaya input lainnya sehingga harga penjualan bisa lebih murah., 2) dari segi lokasi, laboratorium merupakan lokasi strategis sebagai homebase namun perlu tempat display serta akses dari pihak luar yang lebih mudah., 3) dari segi produk varian masih terbatas pada lorjuk, kacang lorjuk, teri crispy dan keripik tette sehingga masih perlu pengembangan produk, 4) dari segi promosi, Rumah Kemas Agribisnis masih terbatas pada program pameran, web yang belum tersebar luas dan konten sederhana, mengandalkan saluran relasi mulut ke mulut serta standing banner yang hanya dipasang saat pameran sehingga perlu ada program promotion mix yang lebih komprehensif.

Kata kunci: Bauran pemasaran, Rumah kemas Agribisnis, Penguatan Pangan Madura

 

 

Download Premium Magento Themes Free | download premium wordpress themes free | giay nam dep | giay luoi nam | giay nam cong so | giay cao got nu | giay the thao nu